Sabtu, 24 Oktober 2009

bisnis sepeda motor

Peluang Usaha dan Bisnis Perlengkapan Bersepeda Motor

By Jimmy Kurnia Indradjaya | May 13, 2008

Sepeda MotorBerdasarkan berita di Tempo per tanggal 5 Mei 2008 ternyata kenaikan pejualan sepeda motor meningkat dari bulan Maret 2008 ke bulan April 2008 sebesar 10,8 % atau sebanyak 542.448 unit motor diseluruh Indonesia. Jumlah yang lumayan banyak bukan. Tapi itu hanya motor roda dua merek Honda saja dan belum di jumlahkan dengan merek lainnya seperti Yamaha, Suzuki dll. Jadi dapat anda bayangkan ternyata disaat ini dimana banyak orang bilang keadaan ekonomi Indonesia semakin sulit karena kenaikan harga minyak dunia dilain pihak ternyata semakin banyak orang yang sanggup membeli barang yang tergolong sekunder atau bukan kebutuhan pokok ini. Hal ini salah satunya karena dipicu oleh kenaikan harga komoditi beras dipasar internasional.

Apa artinya hal ini? Ini berarti salah satu peluang usaha dan peluang bisnis yang berkaitan dengan kendaraan roda dua ini juga semakin terbuka lebar yakni perlengkapan bersepeda motor. Dimana kalau kita membicarakan perlengkapan maka jenisnya akan beraneka ragam dari mulai pelindung kepala (helm), pelindung dada, sarung tangan, jaket, jas hujan, penutup muka/mulut, asesoris motor dll.

Pangsa Pasar

Pangsa pasar dari usaha ini sangatlah jelas yakni para pengguna sepeda motor.

Hal-hal Yang Diperlukan

Lokasi mungkin menjadi salah satu faktor yang terpenting dalam usaha ini. Untuk memudahkan para pengguna sepeda motor mendatangi toko anda maka sebaiknya tempat usaha anda berada dipinggir jalan yang ramai dilewati oleh kendaraan jenis roda dua ini. Tempat display yang menarik, mudah terlihat dengan penerangan yang baik menjadi hal yang juga perlu menjadi perhatian.

Kendala

Tidak ada hambatan yang berarti dalam usaha ini terutama karena pangsa pasar yang semakin besar.

Tips

Karena jenis barang ini adalah barang yang repeat order/pembelian ulang-nya rendah karena durability/kekuatan-nya yang tinggi maka untuk membuat para pembeli anda kembali melakukan pembelian maka anda harus memberikan nilai tambah. Nilai tambah ini dapat berupa kupon potongan harga bila mereka membeli lagi di tempat anda dengan membawa kupon tersebut. Atau anda dapat membuat paket-paket, misalnya bila orang membeli helm dengan jaket dan penutup mulut maka mereka akan mendapatkan harga lebih murah dibandingkan kalau membeli barang tersebut secara terpisah, dst.

Anda tertarik untuk memanfaatkan peluang usaha dan bisnis perlengkapan sepeda motor ini?

Topics: Peluang Bisnis, Toko |

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar